cover
Contact Name
santi astawa
Contact Email
santi.astawa@unud.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jik@unud.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
Published by Universitas Udayana
ISSN : 19795661     EISSN : 2622321X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JIK is a peer-reviewed scientific journal published by Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, Udayana University which has been published since 2008. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of computer science. JIK is consistently published two times a year in April and September. This journal covers original article in computer science that has not been published. The article can be research papers, research findings, review articles, analysis and recent applications in computer science.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer" : 6 Documents clear
Assembly the Semantic Cultural Heritage Knowledge Cokorda Rai Adi Pramartha
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.454 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p03

Abstract

This project aims to assembly the semantic cultural heritage knowledge dealing with one aspect of Balinese heritage, the kulkul system. We discuss our method and procedures to realize the goal of the project. The significant contribution of cultural heritage expert resulted in the kulkul specification and features. Also, the involvement of a knowledgeable community helped us to expand and validate the kulkul ontology. Finally, the cultural heritage knowledge was made available in the form of ontology to represent the knowledge that can be processed and manipulated by the computer program.
Membangun Struktur Realtime Database Firebase Untuk Aplikasi Monitoring Pergerakan Group Wisatawan I Ketut Gede Sudiartha; I Nyoman Eddy Indrayana; I Wayan Suasnawa
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.065 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p04

Abstract

Penelitian ini fokus pada merancang dan membuat struktur realtime database firebase untuk aplikasi monitoring pergerakan wisatawan. Firebase merupakan salah satu cloud database yang memang didesain untuk cloud application. Database Firebase mengutamakan waktu akses data. Aplikasi ini berbasis android yang melibatkan banyak user didalamnya. Sehingga membutuhkan struktur database yang kokoh untuk menopang aplikasi ini supaya dapat berjalan secara optimal. Data yang disimpan di sisi server adalah data latitude dan longitude dari posisi wisatawan. Data posisi latitude dan longitude ini diperoleh dari Satelite GPS melalui permintaan posisi dari masing – masing smartphone wisatawan. Aktor utama dalam aplikasi ini adalah tour leader(guide) dan anggota group wisatawan (guest). Database yang dibangun melibatkan 2 node besar yaitu node “Guide” dan node “ChatGroup” dimana sebelumnya telah melalui proses perataan struktur database. Proses pembuatan struktur model data firebase, juga perlu memperhatikan bagaimana data tersebut disajikan dalam antar muka user sehingga waktu akses data menjadi lebih optimal.
Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Pegawai Baru PT.PLN (Persero) Wilayah Aceh Dengan Metode Heuristik Ira Zulfa; I Nyoman Tri Anindia Putra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.297 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p06

Abstract

Sistem pendukung keputusan (Decision Support Systems) disingkat DSS adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Heuristik dapat dijelaskan sebagai pengembangan berbagai aturan untuk membantu memecahkan masalah-masalah rumit atau sub masalah final dengan menemukan jalur yang paling menjanjikan dalam mencari solusi dan cara-cara mendapatkan dengan menginterpretasi informasi yang senantiasa berubah kemudian mengembangkan metode-metode yang memimpin kepada satu algoritma komputasional atau solusi umum. Metode ini dipilih karena akan melakukan pencarian terhadap solusi yang cukup baik melalui serangkaian aturan (rules) yang akan dibentuk dengan format IF anteseden THEN. Konsekuen anteseden berisi aksi atau kondisi atau fakta yang terjadi konsekuen berupa reaksi yang dilakukan, jika aksi terjadi atau kondisi bernilai benar, adalah untuk menentukan pelamar mana yang pantas dipilih yang akan mengikuti tahapan tes berikutnya, berdasarkan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa saja pelamar yang berhak mengikuti tahap tes berikutnya untuk menjadi pegawai baru PLN.
Klasifikasi Musik Berdasarkan Genre Gst Ayu Vida Mastrika Giri
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.171 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p05

Abstract

Genre musik adalah salah satu cara yang sangat umum digunakan untuk mengatur database musik digital. Dengan bertambahnya jumlah musik, tentunya pemberian genre secara maual akan membutuhkan banyak tenaga ahli dan waktu yang lama. Saat ini, pemberian genre musik secara otomatis dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Berbagai teknik klasifikasi dan fitur musik telah digunakan untuk klasifikasi musik berdasarkan genre. Penelitian ini membahas tentang klasifikasi musik berdasarkan genre (classical, EDM, hip-hop, metal, pop, punk, R&B, rap, dan rock) dengan metode K-Nearest Neighbor dengan menggunakan 11 fitur musik (speechiness, energy, danceability, loudness, tempo, mode, valence, instrumentalness, acoustic-ness, dan liveliness). Nilai akurasi klasifikasi pada penelitian ini adalah 44,8%. Nilai tertinggi ada pada genre classical, dengan total akurasi 100% dan nilai terendah ada pada genre pop dengan akurasi 25%.
Penerapan Metode LZW dalam Kompresi File Chat Multimedia pada Sistem E-Marketplace Sarana Upakara Bali I Gede Santi Astawa
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.386 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p02

Abstract

Sarana upakara dalam agama Hindu merupakan salah satu unsur untuk membangun kesucian upacara. Saat ini, pembelian sarana upakara masih dilakukan dengan bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Cara ini memiliki kekurangan dari segi waktu dan kelengkapan satu jenis banten yang berbeda-beda sesuai dengan Desa, Kala, Patra. Peningkatan pelayanan dalam bertransaksi sarana upakara dapat dilakukan melalui e-marketplace yang menyediakan berbagai sarana Upakara. E-marketplace upakara berbasis web ini mempunyai beberapa fitur tambahan diantaranya integrasi pembayaran dengan API Midtrans, fitur chatting dengan metode long polling untuk memudahkan interaksi antar penjual dan pembeli, serta menggunakan algoritma LZW untuk kompresi file multimedia dalam mengirim file saat melakukan chatting. Proses kompresi ini bertujuan untuk menghemat kebutuhan tempat penyimpanan dan waktu transmisi data. Pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa e-marketplace ini optimal dilakukan saat pengguna yang mengunjungi web kurang dari 200 dalam waktu bersamaan, kualitas citra dan video kompresi cukup baik, serta ratio pemampatan kompresi sebesar 84.84% pada file gambar, 30.09% pada file audio dan 41.44% pada file video.
Analisis Dan Pemetaan Kesesuaian Lahan Tanaman Anggur Di Kabupaten Buleleng Dengan Sistem Informasi Geografis Made Agung Raharja
Jurnal Ilmu Komputer Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.641 KB) | DOI: 10.24843/jik.2018.v11.i02.p01

Abstract

Kabupaten Buleleng ini merupakan salah satu penghasil anggur di Bali yang biasa dikenal dengan julukan Anggur Buleleng. Pengalama beberapa periode sering terjadi buah anggur yang ditanam itu mengalami pembusukan, mati, hingga gagal panen hingga membuat penurunan produktivitas dan membuat para pembudidaya itu mengalami kerugian yang menyebabkan perekonomian daerah melemah. Sehingga digunakan solusi dengan suatu metode atau bantuan teknologi informasi salah satunya adalah dengan Sistem Informasi Geografis. Banyak permasalahan keruangan yang rumit, seperti kependudukan, pertanian, pemetaan wilayah yang menggunakan sistem informasi geografis untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan mengenai analisis dan perancangan sistem informasi geografis kesesuaian lahan untuk tanaman anggur di Kabupaten Buleleng, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Penelitian ini yaitu menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan menggunakan aplikasi QGIS. 2) Persebaran tanaman anggur dikabupaten Buleleng mendapatkan hasil bahwa 6 kecamatan merupakan kategori S1 yaitu pada kecamatan Gerokgak, Buleleng, Seririt, Banjar, Kubutambahan, dan Tejakula. Jumlah kecamatan yang merupakan kategori S2 (sesuai) adalah sebanyak 2 kecamatan yaitu pada kecamatan Sukasada dan Sawan. Jumlah kecamatan yang merupakan kategori S3 (kurang sesuai) adalah sebanyak 1 kecamatan yaitu pada kecamatan Busungbiu.

Page 1 of 1 | Total Record : 6